Apa itu Grafika Komputer

Apa itu Grafika Komputer
Apa itu Grafika Komputer
Grafika Komputer adalah suatu bidang komputer yang mempelajari cara-cara meningkatkan dan memudahkan komunikasi antara manusia dan mesin dengan jalan membangkitkan, menyimpan dan memanipulasi gambar model suatu objek menggunakan komputer.
Grafika Komputer memungkinkan kita untuk berkomunikasi lewat gambar, bagan dan diagram.
Grafika Komputer dikembangkan melalui sistem operasi yang berbasis GUI (Graphical User Interface). GUI adalah antarmuka berbentuk tampilan yang memungkinkan seorang user untuk memilih perintah, menjalankan program, melihat serangkaian file dan memilih opsi lain dengan menunjukkan representasi gambar (icon) ataupun melalui sejumlah menu pada layar komputer. Pilihan tersebut dapat diaktifkan melalui keyboard atau mouse.



SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
  1. Sistem Pasif, operator tidak bisa berinteraksi dengan gambar komputer. Dengan kata lain, sistem pasif adalah cara pandang terhadap suatu objek yang diam dengan kita sebagai pengamat dalam keadaan diam pula atau sebagai pengamat yang bisa bergerak bebas disekeliling objek.
    Contoh :- Gambar di Power Point yang tidak memiliki hyperlink.- Gambar yang dimiliki merupakan gambar mati/ gambar yang tidak bergerak (JPG, PNG, BMP dan lain-lain).
  2. Sistem Interaktif, operator dapat berdialog langsung dengan gambar komputer.
    Contoh :
    - Tempelkan gambar jempol tangan di button delphi, maka user dapat menekan button yang memiliki gambar jempol tersebut dan mendapatkan hasil dari event yang diberikan).
    - Motion dynamic, cara pandang terhadap suatu objek yang bergerak dengan kita sebagai pengamat dalam keadaan diam dan sebagai pengamat yang bisa bergerak bebas disekeliling objek. (Contoh : Simulasi pesawat terbang).
    - Update dynamic, pada dasarnya berhubungan erat dengan perubahan sifatnya. (Contoh : Simulasi modeling/ simulasi test crash/tabrakan mobil sehingga menghasilkan kerusakan tertentu yang dapat berubah-ubah sesuai kelajuan, ketahanan, bahan dan lain-lain menggunakan animasi komputer).

PENERAPAN GRAFIKA KOMPUTER
Bidang yang memanfaatkan grafkom adalah :
  1. Sains, Teknologi dan Bisnis, memanfaatkan pemakaian grafik 2D dan 3D untuk menunjukkan suatu fungsi matematis, fenomena-fenomena fisika, fungsi ekonomi, histogram, diagram batang, pie chart, diagram penjadwalan pekerjaan, diagram produksi dan lain-lain.
  2. Kartografi, bidang pemetaan secara real yang dapat melihat perkembangannya secara berkala.
    Contoh : GIS (Graphics Information System) dan Weather Information.
  3. Simulasi dan Animasi.
    Contoh : Film, Simulator dan Game.
  4. Computer Aided Design (CAD), perancangan komponen sistem mekanis, elektris, elektro-mekanis, piranti elektrinis, struktur bangunan, reaktor kimia dan lain-lain.
    Contoh : perancangan bangunan dengan struktur bangunan, kekuatan dan skala yang lengkap, perancangan sistem elektronis.
  5. Antar muka grafis (GUI), mempermudah interaksi antar program dan pemakainya.
    Contoh : Metro UI dari Microsoft Windows.

SISTEM GRAFIS
Sistem grafis terdiri dari komponen hardware dan software yang dibagi menjadi :
  1. Perangkat layar penampil (video display device).
    Layar penampil merupakan perangkat output primer dari sistem grafis.
  2. Pengingat digital (frame buffer)
  3. Pengolah tampilan (display adaptor).
    Pengolah tampilan digunakan untuk mengolah bit dari frame buffer (pengingat digital) agar dapat ditampilkan sebagai citra pada layar penampil.
  4. Peripheral device
    Piranti yang pada umumnya dapat dijumpai dalam sistem berbasis grafis (Mouse, Trackball, Joystick, Digitizer Tablet, Light Pen, Printer dan Plotter)

PERANGKAT LUNAK GRAFIKOM
Beberapa perangkat lunak/ software yang dapat digunakan dalam pembuatan suatu desain grafis komputer adalah :
  • Adobe Photoshop
  • Adobe Ilustrator
  • Adobe Flash Player
  • Corel Draw
  • Anime Studio Pro
  • AutoCAD
  • 3D Studio MAX
  • Blender
  • Microsoft Paint

Related Posts

Apa itu Grafika Komputer
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Silahkan Tinggalkan Kritik dan Saran yang membangun dari Anda
1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
3. Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
4. Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>