Jaringan 4.5G XL di Kal-Bar diperluas dengan layanan 4G LTE

Jaringan 4.5G XL di Kal-Bar
Jaringan 4.5G XL di Kal-Bar
Tekno Borneo - Selang beberapa tahun setelah masyarakat mulai menikmati jaringan 3G, hadirlah jaringan baru yang di klaim lebih cepat dari jaringan tersebut, yaitu jaringan 4G. 4G merupakan singkatan dari fourth-Generation Technology, yang mengacu pada istilah generasi keempat dari teknologi jaringan telekomunikasi telepon seluler. Teknologi 4G Standar Long Term Evolution (LTE) ini baru muncul sejak 14 November 2013 di Indonesia yang diluncurkan oleh PT. Internux dengan merek dagang Bolt Super 4G LTE (Sumber Wikipedia).


Di Indonesia, banyak perubahan yang begitu signifikan dari segi kehidupan digital setelah jaringan 4G muncul, mulai dari hadirnya teknologi mobile yang support 4G hingga beragam aplikasi yang memerlukan jaringan kencang seperti video-live.

Pertumbuhan layanan data di Kalimantan Barat pada tahun lalu lebih dari 100 persen. Tentunya masyarakat membutuhkan jaringan yang berkualitas, sehingga PT Axiata Tbk pada tahun 2017 ini menghadirkan jaringan 4.5G ujar Chief Commerce XL Axiata Kirill Mankovski saat konferensi pers di Hotel Golden Tulip Pontianak.
Sementara itu, Vice President XL Axiata North Region, Handono Warih mengatakan bahwa Kalimantan Barat dan Kalimantan pada umumnya adalah daerah yang memiliki permintaan atas penggunaan layanan data yang terus-menerus mengalami peningkatan yang begitu signifikan dalam dua tahun terakhir.
Warih juga mengatakan bahwa pertumbuhan trafik layanan data akan terus tumbuh seiring dengan semakin menjamurnya pengguna smartphone dengan kemampuan 4G. Pertumbuhan tersebut terjadi secara merata di semua wilayah layanan XL Axiata. Begitupun strategi dan prediksi perusahaan untuk berfokus pada layanan data di tahun 2017 ini. Sebab itu lah Capex (Capital Expenditureuntuk tahun ini difokuskan untuk pembangunan layanan data, termasuk menyediakan infrastruktur jaringan hingga ke daerah terpelosok.

Perlu diketahui, jaringan 4.5G tidak hanya dibangun di Pontianak saja, ada delapan wilayah yang sudah dimasuki layanan internet dengan kecepatan tinggi ini. Adapun kota/kabupaten yang terjangkau layanan jaringan 4G LTE adalah :
  1. Kota Pontianak
  2. Kabupaten Kubu Raya
  3. Kabupaten Ketapang
  4. Kabupaten Pontianak
  5. Kabupaten Bengkayang
  6. Kabupaten Sambas
  7. Kota Singkawang
  8. Kabupaten Sanggau
Secara bertahap XL Axiata akan terus-menerus meningkatkan kualitas jaringan dan menambahkan cakupan layanan di setiap kota, seperti menambahkan 48 BTS. Saat ini. total BTS 46 yang telah tersedia di seluruh Kalbar adalah 36 unit dan akan segera bertambah 94 BTS 46 lainnya. Layanan data 4G LTE diprioritaskan di area-area yang memang sangat membutuhkan akses internet cepat, seperti instansi pemerintahan, pendidikan, bisnis, area publik dan perdagangan.
Sementara itu, area publik di kota Pontianak yang telah terjangkau layanan jaringan 4G LTE dari XL adalah :
  1. Pusat Pemerintahan Kota Pontianak
  2. Universitas Tanjungpura
  3. Mall Ayani
  4. HP Center Khatulistiwa Plaza
  5. Pelabuhan Pontianak
  6. Alun-alun Kapuas
  7. Tugu Khatulistiwa
  8. Taman Digulis
  9. Bandara Supadio
  10. Area Kopi Central Gadjah Mada
  11. dan lain sebagainya
Jumlah pelanggan XL Axiata di seluruh Kalimantan Barat adalah lebih dari 255 ribu pelanggan. Untuk pengguna layanan data yang aktif adalah sebanyak 73 persen. Kenaikan trafik ini adalah dipicu oleh akses video/ Streaming dan akses ke berbagai media sosial yang tentunya begitu banyak. Dengan memanfaatkan jaringan 4G LTE ini, maka akses pada konten-konten yang berkapasitas besar, mendownload dan upload akan lebih baik, cepat dan stabil. Tentu saja keunggulan jaringan ini sangat cocok digunakan oleh masyarakat termasuk dalam mendukung kinerja bisnis perorangan, rumahan atau usaha kecil menengah.

Kemudian dari segi pendidikan, jaringan seperti ini sangat cocok digunakan bagi pelajar yang memiliki minat dan bakat dalam hal teknologi informasi dan komunikasi. Jaringan yang cepat tentu akan membuat pelajar menjadi lebih bersemangat dalam mengakses berbagai macam sumber ilmu di internet. Sebagai contoh di Kampus Politeknik Negeri Pontianak, Jurusan Elektro, Program Studi Teknik Informatika, hampir semua tugas yang dikerjakan sangat membutuhkan internet. Apalagi untuk mata kuliah komputer, tentu akan menjadi nilai plus jika jaringan tersebut dapat digunakan dengan kecepatan tinggi. "Saya pernah mendapat tugas tentang komputer untuk dipresentasikan dalam bentuk video, kemudian saya dan ketiga teman saya syuting, kemudian lakukan sedikit editing dan endingnya video tersebut diupload. Alangkah sulitnya mengupload video tersebut yang berkapasitas kurang-lebih 1GB dengan koneksi internet yang lemot. Tentunya sangat membantu jika saya menggunakan jaringan yang lebih kencang seperti 4.5G ini dalam proses belajar saya." - Ujar Rangga Saputra, salah satu mahasiswa Teknik Informatika semester 4.

Related Posts

Jaringan 4.5G XL di Kal-Bar diperluas dengan layanan 4G LTE
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

2 komentar

Tulis komentar
avatar
May 24, 2017 at 5:19 PM

Luar biasa dukungan 4,5G XL di Pontianak, sudah banyak tercover di tempat umum

Reply

Silahkan Tinggalkan Kritik dan Saran yang membangun dari Anda
1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
3. Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
4. Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>