Bahasa Komputer, Pemrograman Komputer

Bahasa Komputer, Pemrograman Komputer
Bahasa Komputer, Pemrograman Komputer
Bahasa Komputer adalah suatu set instruksi yang diberikan kepada komputer dengan catatan bahwa komputer dapat memahami bahasa tersebut.
Pada dasarnya komputer adalah mesin yang tidak dapat melakukan apa-apa, sehingga diperlukan serangkaian instruksi agar komputer tersebut dapat menangani suatu masalah.
Langkah-langkah dalam pemberian instruksi kepada komputer agar komputer tersebut dapat menangani masalah disebut Pemrograman Komputer.


Program adalah kumpulan instruksi dimana isi dari instruksi tersebut adalah untuk mengatur komputer agar dapat melakukan suatu tindakan tertentu.
Definisi lain dari Program adalah kata, ekspresi, pernyataan atau kombinasi/ kumpulan statement-statement yang dirangkai serta disusun menjadi satu kesatuan prosedur yang berisikan langkah-langkah logis dalam menyelesaikan suatu masalah yang diimplementasikan pada penggunaan Bahasa Pemrograman. Dengan memahami maksud dari penjelasan ini adalah isi dari program adalah berupa Algoritma Komputer.

Komputer memiliki tiga aspek, yaitu Perangkat Keras (hardware), Perangkat Lunak/program (software), serta Perangkat Akal/Pengguna (brainware).

Bahasa Komputer secara garis besar dikelompokkan menjadi dua, yaitu :
  1. Bahasa Tingkat Rendah (Low Level Language)
  2. Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Language)

Bahasa Tingkat Rendah (Low Level Language)
Komputer adalah mesin yang hanya mengenal notasi bilangan digital. Biasanya dilambangkan dengan angka 1 dan 0. 1 artinya ada arus listrik, sebaliknya 0 artinya tidak ada arus listrik. Dengan kata kata lain, harus digunakan sandi 0 atau 1 untuk melakukan pemrograman komputer.
Pemrograman yang menggunakan sandi 1 dan 0 disebut Bahasa Mesin. Karena sulitnya penggunakan dan memahami bahasa mesin, maka muncullah sebuah singkatan kata yang melambangkan untaian sandi 1 dan 0 tersebut agar lebih mudah dipahami manusia. Singkatan kata ini disebut sebagai Mnemonic Code (Bahasa Assembly).
Contohnya dalam processor Intel, terdapat perintah 0011  1010  0000  1011. Perintah ini memiliki arti yang sama dengan perintah assembly CMP AL, 0D, yang artinya bandingkan nilai register AL dengan 0D. CMP adalah singkatan dari CoMPare.
Untuk mengkonversikan perintah assembly kedalam bahasa mesin, maka digunakan perangkat lunak yang disebut juga sebagai assembler.
Dengan sulitnya penggunaan bahasa ini, maka bahasa assembly termasuk kedalam bahasa tingkat rendah (Low Level Language).

Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Language)
Sulitnya penggunaan bahasa assembly sehingga dikembangkan bahasa pemrograman yang lebih mudah dalam penggunaannya, lebih mudah dalam memahami dan lebih mudah dalam mengingatnya karena menggunakan kata-kata yang dikenali manusia.
Bahasa Pemrograman seperti ini disebut Bahasa Generasi Ketiga atau 3GL (Third Generation Language).
Bahasa Generasi Ketiga biasa juga disebut dengan bahasa tingkat tinggi atau HLL (high level language).
Contoh Bahasa Generasi Ketiga yaitu Basic, Pascal, C, C++, COBOL dan lain-lain.

Contoh perintah dalam bahasa Pascal :
writeln (‘Tekno Borneo’);
Contoh perintah dalam bahasa C :
printf (“Tekno Borneo\n\r”);
Contoh perintah dalam bahasa C++ :
cout << “Tekno Borneo”<< endl;

Seperti halnya bahasa tingkat rendah, penggunaan bahasa tingkat tinggi juga memerlukan perangkat lunak untuk mengkonversikan bahasa tingkat tinggi ini kedalam bahasa assembly. Perangkat lunak tersebut ada dua macam, yaitu :

  1. Interpreter menerjemahkan program baris per baris, jika suatu baris akan dieksekusi, maka baris tersebut diterjemahkan dulu ke Bahasa Mesin. Contoh : Bahasa Basic
  2. Kompiler menerjemahkan semua baris perintah ke dalam bahasa mesin kemudian menjalankan hasil penerjemahannya. Contoh : Bahasa Pascal, C, dan C++

Bahasa Pemrograman Komputer
Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan pada bahasa pemrograman komputer, antara lain sebagai berikut :

  1. Sintaksis, yaitu aturan-aturan yang mengatur tata cara penulisan kata, ekspresi, dan pernyataan. Atau tata bahasa yang digunakan dalam program.
  2. Semantik adalah arti kandungan dalam setiap pernyataan yang ada dalam program.
  3. Kebenaran Logika berhubungan dengan benar tidaknya urutan pernyataan yang ada dalam program. Kebenaran logika ini tidak terlepas dengan benar-tidaknya algoritma yang dibuat.

Related Posts

Bahasa Komputer, Pemrograman Komputer
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

18 komentar

Tulis komentar
avatar
June 5, 2017 at 5:07 PM

Makasih gan infonyan nambah ilmu

Reply
avatar
June 5, 2017 at 5:28 PM

artiklenya nambah ilmu saya lagi nih

Reply
avatar
June 5, 2017 at 8:23 PM

artikel yang bermanfaat gan , terima kasih

Reply
avatar
June 6, 2017 at 6:53 AM

nice info gan, bagus untuk nambah wawasan seseorang yang ingin belajar programming.

Reply
avatar
June 6, 2017 at 2:01 PM

wah gan sudah lama masuk dunia programmer kah ?

Reply
avatar
June 29, 2017 at 10:00 PM

bg, kalo misalnya kan kita mau gunain bahasa tingkat tinggi dan tingkat rendah sekaligus bisa kagak...?

Reply
avatar
July 3, 2017 at 7:41 AM

Tiap-tiap bahasa pemrograman menggunakan tingkat bahasanya sendiri. cth, Pemrograman assebler menggunakan bahasa tingkat rendah, kalo VB menggunakan bahasa tingkat tinggi

Reply

Silahkan Tinggalkan Kritik dan Saran yang membangun dari Anda
1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
3. Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
4. Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>