Langkah-langkah Pemrograman Komputer

Langkah-langkah Pemrograman Komputer
Langkah-langkah Pemrograman Komputer
Dalam mengerjakan suatu proyek pemrograman komputer, maka kita dituntut untuk dapat menyelesaikannya dengan baik. Baik dalam artian kata adalah mengacu pada konsep RPL (Rekayasa Perangkat Lunak). Pada dunia RPL sering diajarkan bahwasanya dalam membangun suatu aplikasi, dibutuhkan tiga konsep yang patut dijadikan prinsip. Yaitu (1) Dikerjakan dengan biaya yang kecil, (2) Dengan waktu yang singkat, (3) Namun kinerja yang dihasilnya sangat maksimal. Itulah tiga konsep RPL yang sering disebut sebagai Segitiga RPL.


Dalam suatu kasus tertentu, misalnya untuk membangun sebuah aplikasi apalagi yang besar, tentunya sangat tidak logis jika dikerjakan dengan waktu yang singkat. Walaupun biaya bisa ditekan, namun untuk penggunaan waktu akan sangat sulit di manage. Maka dari itu dibutuhkanlah langkah-langkah yang tepat untuk membangun suatu aplikasi agar semuanya dapat berjalan lancar atau setidaknya memperkecil kendala yang berhubungan dengan logika agar waktu menjadi lebih efisien. Adapun langkah-langkah yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
  1. Mendefinisikan masalah. Digunakan untuk memahami dan mengerti tentang permasalahan secara mendetil yang berkaitan dengan input, perintah yang harus digunakan dan output/ hasilnya.
  2. Menentukan solusi. Jika masalah yang ditemukan sangat besar, maka perancang dapat membagi atau mengkerucutkan masalah tersebut kedalam lingkup yang lebih kecil sehingga terbentuk beberapa modul masalah agar mempermudah dalam penyelesaiannya.
    Contoh :
    Program untuk menghitung luas dan keliling lingkaran, inputnya adalah jari-jari (r). Prosenya dengan rumus luas = phi * r2 dan keliling = 2 * phi * r. Serta outputnya adalah Luas dan Keliling lingkaran.
  3. Memilih Algoritma. Algoritma dibuat dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah. Algoritma harus dibuat berkali-kali untuk mendapatkan algoritma yang paling sesuai, tepat, benar, relevan dan tidak berbelit-belit.
    Contoh :
    Algoritma untuk Menghitung Konversi Suhu dari Celcius ke Reamur dan Farenheit :
    1. Mulai
    2. Input besar suhu dalam satuan celcius
    3. Untuk menghitung konversi suhu dari celcius ke Reamur, masukkan besar suhu ke dalam rumus berikut : R = 4/5 * C
    4. Untuk menghitung konversi suhu dari celcius ke Reamur,masukkan besar suhu ke dalam rumus berikut : F = 9/5 * C + 32
    6. Output akan tampil, suhu dalam Reamur dan Farenheit
    7. Selesai
  4. Implementasi. Yaitu menuliskan program kedalam bahasa pemrograman yang telah familiar digunakan untuk memecahkan masalah yang ada.
  5. Melakukan testing dan debugging. Testing adalah proses untuk menjalankan program secara rutin untuk menemukan kesalahan-kesalahan yang berhubungan dengan penulisan suatu pernyataan dalam program. Sedangkan Debugging adalah proses menemukan kesalahan-kesalahan dalam program atau error program kemudian diperbaiki sehingga tidak muncul lagi.
  6. Menuliskan Dokumentasi. Dokumentasi adalah catatan dari setiap langkah-langkah pekerjaan dalam pembuatan suatu program yang telah dilakukan dari awal pembuatan hingga akhir. Dokumentasi sangat pentuk untuk dibuat sebab dengan adanya dokumentasi programmer dapat melakukan peelusuran jika ditemukan kesalahan saat penggunaan program, kemudian juga sangat berguna untuk proses pengembangan program untuk versi-versi selanjutnya. Dokumentasi akan memberikan informasi yang cukup memadai sehingga orang lain yang tidak terlibat dalam perancangan dan pembuatan program dapat memahami dan mengerti tentang alur logika program yang dibuat.
    Dokumentasi biasanya berupa komentar-komentar pada tiap baris program. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan dokumentasi :
    1. Komentar diletakkan pada tempat yang tepat
    2. Komentar harus jelas maksudnya
    3. Komentar jangan terlalu panjang
    4. Keterangan yang harus ditulis harus logis
    5. Tidak menimbulkan salah pengertian
    Untuk komentar dalam bahasa C++ menggunakan tanda /* dan diakhiri dengan */, atau dengan tanda // di awal setiap pernyataan
  7. Melakukan Perawatan. Perawatan yang dimaksud adalah memperbaiki jika ada kesalahan yang di luar dugaan atau client meminta fasilitas/fitur tambahan untuk programnya.

Related Posts

Langkah-langkah Pemrograman Komputer
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Silahkan Tinggalkan Kritik dan Saran yang membangun dari Anda
1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
3. Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
4. Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>