Perjalanan Penuh Inspirasi Bersama Astra “Dengan Karya, Majulah Indonesia”

Perjalanan Penuh Inspirasi Bersama Astra “Dengan Karya, Majulah Indonesia”
Perjalanan Penuh Inspirasi Bersama Astra “Dengan Karya, Majulah Indonesia”
Perjalanan Penuh Inspirasi Bersama Astra “Dengan Karya, Majulah Indonesia” – Berdiri pada tahun 1957, Perusahaan PT Astra Internasional Tbk kini telah genap berusia 60 tahun. Usia yang tidak lagi muda untuk sebuah perjalanan hidup tentunya akan lebih berkualitas jika diiringi dengan segudang karya yang telah dicapai dan peran serta untuk selalu berkontribusi tidak hanya untuk diri sendiri, namun juga untuk orang lain.

Mendedikasikan karyanya untuk kemajuan bangsa merupakan filosofi perusahaan yang telah tertuang didalam Catur Dharma. Maka dari itu dengan sebuah program yang dinamakan Anugerah Pewarta Astra 2017, Astra mengundang para wartawan maupun kalangan umum untuk mengirimkan karya tulisnya dengan menitikberatkan pada perjalanan Astra selama 60 tahun ini dalam menginspirasi negeri.
Program ini merupakan salah satu dari sekian banyak program dalam upaya untuk mengapresiasi sebuah karya anak bangsa khususnya dalam hal menulis, karena “Writing is an exploration. You start from nothing and learn as you go” – E.L. Doctorow.


Enam dekade berkiprah dalam kegiatan bisnis, bukan berarti pertumbuhan profit adalah tujuan diatas segala macam tujuan. Kontribusi dalam inspirasi pembangunan tetap menjadi pilar utama, sebagaimana visi pendiri Astra yang tetap menjadi visi Astra 2020.
“Astra mengharuskan pertumbuhan yang berimbang dalam Strategic Triple Roadmap, yaitu pertumbuhan portofolio bisnis, sumber daya manusia, dan kontribusi sosial dan lingkungan secara serentak. Astra menekankan partisipasi dalam pembangunan berkelanjutan di Indonesia melalui panduan Public Contribution Roadmap, yang diterapkan dalam inisiatif SATU Indonesia (Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia) sebagai langkah nyata Grup Astra beserta delapan yayasan untuk berperan aktif serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia.”


Tiga Strategi Astra dalam Menginspirasi Indonesia


Produk dan Layanan: Tujuan bisnis Astra adalah agar dapat sejahtera bersama bangsa, yang didasarkan pada filosofi para pendiri perusahaan. Karena pelanggan adalah pemangku kepentingan utama, maka demi menghasilkan produk yang berkualitas, bisnis Astra tidak terlepas dari integrasi para pemasok yang menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan, sebagai bagian dari rantai bisnis yang ikut berperan dalam keberlanjutan bisnis yang dijalankan. Hal ini sejalan dengan butir kedua Catur Dharma, memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Insan Astra: Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset utama yang memegang peran penting bagi pencapaian kinerja perusahaan yang baik secara berkelanjutan. Astra juga menyelenggarakan InnovAstra, yang merupakan ajang tahunan untuk menampilkan dan menghargai kemampuan berinovasi seluruh Insan Astra di tanah air. Hal tersebut menjadi wadah dalam menciptakan dan membangun budaya inovasi di dalam perusahaan, dan telah berjalan selama 33 tahun.

Kontribusi Sosial: Astra berkontribusi kepada masyarakat, lingkungan, dan bertanggung jawab kepada karyawan, dengan menciptakan keseimbangan antara kepentingan bisnis, sosial, dan lingkungan. Dengan pendekatan yang terintegrasi dari 4 pilar tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR) Astra (Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau, Astra Untuk Indonesia Kreatif), Astra berinisiatif untuk memberikan nilai tambah yang berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia. Astra juga melaksanakan SATU Indonesia Awards sebagai ajang untuk mencari pemuda-pemudi Indonesia berbakat yang memiliki semangat sejalan dengan Astra untuk senantiasa berkarya dan memberi manfaat bagi masyarakat luas.


Kegiatan Kontribusi Astra untuk Bangsa

Pelayanan terbaik  kepada pelanggan

Anak perusahaan dari Astra Internasional memiliki histori yang sangat baik mengenai pelayanan kepada pelanggannya. Hal ini tentunya bukan sekedar opini atau statement kosong belaka, sebab berbagai media cetak maupun elektronik pernah mem-publish predikat yang pernah didapat oleh Astra Group. Berikut ini beberapa media besar online yang membuat artikel mengenai Pelayanan Baik Astra kepada Pelanggan :

Sumber Daya Manusia Insan Astra

Dengan menyelenggarakan salah satu program dengan nama InnovAstra yang merupakan ajang tahunan untuk menampilkan dan menghargai kemampuan berinovasi seluruh insan Astra di tanah air, sehingga InnovAstra mampu menghasilkan Jutaan Proyek Inovatif.
Perjalanan Penuh Inspirasi Bersama Astra “Dengan Karya, Majulah Indonesia”
Perjalanan Penuh Inspirasi Bersama Astra “Dengan Karya, Majulah Indonesia”

Kontribusi Sosial

Melalui Public Contribution Roadmap (CSR), Astra berkontribusi dalam pembangunan masyarakat dan pelestarian lingkungan. Dalam implementasinya keduanya dijabarkan menjadi kebijakan, target yang terukur, kriteria serta prosedur pelaksanaan yang dirangkum dalam Astra Green Company (AGC) dan Astra Friendly Company (AFC).
AGC mewujudkan komitmen Astra dalam pengelolaan lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja. AFC mencantumkan berbagai arahan strategi dan implementasi Astra dalam berinteraksi dengan para pemangku kepentingan dan masyarakat sekitar yang terwujud dalam 4 Pilar Utama.

1. Lingkungan Hidup
A. ASTRA Forest
Program ini merupakan program kawasan hutan terpadu Grup Astra seluas 200 hektare yang akan menjadi tempat pembelajaran tentang kehutanan, keanekaragaman hayati, serta pendidikan lingkungan tentang hutan tropis Indonesia. Astra Sentul Eco Edu Tourism Forest (ASEETF) digagas sebagai upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang berkolaborasi dengan Kementerian Kehutanan dan Perhutani di Babakan Madang, Sentul, Jawa Barat. Pada tahun 2014, Astra telah menginvestasikan Rp 1,2 Miliar dalam mengembangkan kawasan hutan ini.

B. Astra Green Lifestyle (AGL)
Astra bersama anak perusahaan menyelenggarakan program Astra Green Lifestyle (AGL) di beberapa kota besar seperti Jakarta, Palembang, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Makassar, dan Mamuju. AGL memiliki semboyan "Kenali-Lakukan-Ajarkan" untuk mengkampanyekan gaya hidup ramah lingkungan. AGL diisi banyak kegiatan seperti Jakarta Green Run (JGR), pameran lingkungan dan pengumpulan 40.000 bibit pohon. Guna mendukung kegiatan ini Astra telah mengeluarkan biaya sebesar Rp 1,2 Miliar.


2. Ketenagakerjaan, Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
A. Ketenagakerjaan
Sebagai salah satu grup perusahaan terkemuka di Indonesia, kehadiran Astra memberikan manfaat bagi masyarakat dalam menciptakan lapangan kerja. Kesempatan bekerja terbuka bagi siapapun yang ingin bergabung dengan Astra.

B. Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
Astra senantiasa memastikan bahwa Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) karyawan merupakan hal yang wajib diperhatikan. Hal tersebut dimaksudkan untuk melindungi karyawan dalam bekerja sehingga pada akhirnya produktivitas dapat terjaga. Guna mendukung pelaksanaan K3 yang sistematis dan terarah, Astra telah merumuskan pedoman kerja yang mengatur tentang peningkatan kepedulian dan kompetensi K3 dari seluruh karyawan dengan pelaksanaan pelatihan dan safety talk rutin. Astra berkomitmen untuk mewujudkan Zero Workplace Accident melalui penerapan program Contractor Safety Management System dan Behavior Based Safety dengan menekankan pada pencatatan data, analisa dan antisipasi serta perubahan perilaku yang secara konsisten diimplementasikan di seluruh lini bisnis dan anak perusahaan kami.


3. Pengembangan Sosial Dan Kemasyarakatan
A. Pendidikan
Astra turut berkontribusi meningkatkan mutu pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Astra telah mengadakan beberapa program untuk meningkatkan pendidikan serta melakukan beberapa pelatihan demi meningkatkan kualitas SDM di Indonesia.

B. Kesehatan
Astra sangat peduli terhadap peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia khususnya di daerah. Astra menyadari bahwa kesehatan masyarakat sangat penting untuk menunjang keberlanjutan, baik individu, perusahaan, dan negara. Hal ini diwujudkan dalam bentuk bantuan peningkatan kesehatan berupa beberapa program yang dilaksanakan Astra Grup.

C. Income Generating Activities
Pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi perusahaan (ring 1) menjadi sasaran utama yang menjadi perhatian setiap perusahaan Grup Astra. Sebagai upaya menumbuhkan usaha-usaha produktif di masyarakat, Astra menyelenggarakan beberapa program Income Generating Activities (IGA).


4. Tanggung Jawab Produk/Layanan
A. Pendidikan
Astra menerapkan kebijakan baru di bidang CSR mengenai pelaksanaan program Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas. Program ini sebagai bentuk tanggung jawab sosial Astra sebagai salah satu produsen otomotif terbesar di Indonesia turut berpartisipasi aktif dalam mengkampanyekan program tertib lalu lintas dan berkendara. Astra menyadari bahwa tingginya angka kecelakaan kendaraan bermotor di Indonesia disebabkan kurang tertibnya pengguna jalan dalam berkendara. Itulah mengapa Astra peduli terhadap keselamatan pengendara kendaraan bermotor dan pengguna lalu lintas dan berusaha untuk mengurangi angka tersebut dengan mengadakan program Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas. Bentuk program yang dilakukan dibagi menjadi tiga kategori, yaitu sosialisasi keselamatan berlalu lintas untuk pelanggan melalui pembagian buku dan booklet cara aman berlalu lintas, sosialisasi keselamatan berlalu lintas untuk masyarakat umum melalui talkshow keselamatan berlalu lintas di radio dan panduan keselamatan berlalu lintas untuk siswa sekolah melalui Astra Berbagi Ilmu. Hingga akhir tahun 2014 telah ada 7,1 juta orang terpapar program ini.

Secara umum total biaya yang dikeluarkan oleh Grup Astra untuk kegiatan Corporate Social Responsibility sejumlah Rp 529 Miliar.

Yayasan

Untuk memberikan kontribusi secara nyata kepada masyarakat, Grup Astra telah mendirikan sembilan yayasan yang berada di bawah naungan PT Astra International Tbk. untuk merangkul seluruh pemangku kepentingan Grup Astra. Baik pemangku kepentingan internal maupun eksternal sebagai penerima manfaat. Astra dan yayasan-yayasan berkoordinasi dalam perencanaan dan pelaksanaan program untuk memaksimalkan manfaat yang dihasilkan dan tepat sasaran.
Perjalanan Penuh Inspirasi Bersama Astra “Dengan Karya, Majulah Indonesia”
Perjalanan Penuh Inspirasi Bersama Astra “Dengan Karya, Majulah Indonesia”
Itulah kontribusi Astra untuk bangsa Indonesia. Semoga apa yang telah diperbuat oleh Astra dapat menjadi inspirasi bagi kita semua, bahwa "Hidup tidak hanya tentang diri sendiri, namun juga tentang orang lain" - Rangga Saputra, Admin Tekno Borneo

Related Posts

Perjalanan Penuh Inspirasi Bersama Astra “Dengan Karya, Majulah Indonesia”
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Silahkan Tinggalkan Kritik dan Saran yang membangun dari Anda
1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
3. Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
4. Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>