Desain Program Delphiku Tidak Seklasik Desain Miliknya

Tekno Borneo - Dewasa ini Desain Antar Muka atau Graphics User Interface (GUI) dalam pemrograman sangat diperlukan untuk menunjang produktifitas user (pengguna) dalam menggunakan aplikasi yang dibuat. Antar muka yang dimaksud adalah bagaimana pengguna dapat merasakan kemudahan dan kenyamanan saat melakukan interaksi di atas aplikasi yang dibuat, hal ini dapat disebut dengan istilah "User Experience (UX)".
User Experience yang baik memungkinkan pengguna menjadi lebih betah, terbantu dan mendapatkan pengalaman yang baik dalam menyelesaikan pekerjaan tanpa adanya pengalihan perhatian terhadap objek yang dipandangnya.
Untuk membuat pengalaman pengguna menjadi lebih baik, diperlukan metode khusus dalam merancang tampilan aplikasi. Rancangan ini biasanya didapatkan dengan membuat Mockup Aplikasi terlebih dahulu sebelum program dibuat.
Pembuatan Mockup memerlukan aplikasi khusus seperti Balsamiq Mockups 3 dan sejenisnya.
Desainer juga dapat memanfaatkan aplikasi desain grafis seperti Photoshop, Corel, Ilustrator dan lainnya untuk merancang tampilan yang diimpikan sehingga terbentuklah sebuah GUI yang berbeda atau khas dengan gaya desainernya.
Desain Program Delphiku Tidak Seklasik Desain Miliknya
Desain Program Delphiku Tidak Seklasik Desain Miliknya


Pembaca mungkin pernah mendengar istilah "Flat Design"? Suatu desain yang hadir di era Modern UI milik Microsoft Windows 10. Desain ini mulai mendominasi desain-desain produknya. Tentunya para desainer hingga kompetitor mulai melirik dan mengadopsi desain tersebut hingga menjadi tren desain akhir-akhir ini.

Baca juga : Windows 10 mendapat penghargaan desain interface terbaik

Baiklah sesuai topik yang tertera di judul artikel ini, penulis akan memperkenalkan sedikit tentang Desain Antar Muka Aplikasi khusus Program Delphi 7. Sebelum penjelasan masuk lebih dalam, ada baiknya pembaca telah memiliki program Delphi 7 agar tahu tentang tampilan default dari pemrograman hasil dari pengembangan bahasa Pascal ini.
Sedikit review tentang Delphi 7, Delphi merupakan bahasa pemrograman berbasis Windows yang menyediakan fasilitas pembuatan aplikasi visual seperti Visual Basic. Delphi memberikan kemudahan dalam menggunakan kode program, kompilasi yang cepat, penggunaan file unit ganda untuk pemrograman modular, pengembangan perangkat lunak, pola desain yang menarik serta diperkuat dengan bahasa pemrograman yang terstruktur dalam bahasa pemrograman Object Pascal. Delphi memiliki tampilan khusus yang didukung suatu lingkup kerja komponen Delphi untuk membangun suatu aplikasi dengan menggunakan Visual Component Library (VCL). Sebagian besar pengembang Delphi menuliskan dan mengkompilasi kode program dalam IDE (Integrated Development Environment).

Dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan seperti penjelasan di atas, ternyata ada kelemahan di sisi tampilan dasar dari program ini. Kelemahan ini bukan hal yang krusial jika programmer hanya mementingkan jalannya sistem, namun akan menjadi hal yang fatal jika programmer memiliki pola pemikiran yang berorientasi kepada pelanggannya seperti Saya (Admin Tekno Borneo).

Mari lihat seperti gambar di bawah ini, (mohon maaf) tampilan yang klasik dan membosankan akan menjadi nilai minus saat mempublish atau membagikan program kepada pelanggan.
Desain Program Delphiku Tidak Seklasik Desain Miliknya
Desain Program Delphiku Tidak Seklasik Desain Miliknya
Bagaimana mungkin nilai jual menjadi lebih tinggi jika tampilan yang merupakan barometer penilaian pertama telah gagal didapatkan? Atau jika tidak ingin dijual, apakah tampilan yang kurang menarik ini sanggup pembaca jadikan laporan dalam Tugas Akhir atau Skripsi?

Baiklah, masuk kepada topik inti, penulis akan menunjukkan bahwa desain program Delphi yang penulis buat tidak seklasik desain-desain miliknya (Percaya Diri). Pembaca mungkin akan merasakan hal yang biasa-biasa saja saat melihat desain ini, sebab desain ini dibuat berdasarkan plagiasi berbagai model Antar Muka yang kemudian dikompilasi sehingga terbentuklah sebuah tampilan baru. Namun bukan itu tujuan sebenarnya dalam desain GUI, sebab desain antar muka bertujuan untuk memuaskan pelanggan saat menggunakan bukan saat memandang, walaupun jangan sampai image dari aplikasi yang dibangun menjadi runtuh karena tampilan yang apa adanya.

Berikut ini tiga buah model desain yang Teknoborneo buat dengan berbagai macam sumber referensi, namun mungkin belum pernah pembaca coba saat mendesain Antar Muka aplikasi di Delphi 7 :

1. Form Pembukaan atau Splash Screen ala Microsoft Office

Desain Program Delphiku Tidak Seklasik Desain Miliknya
Desain Program Delphiku Tidak Seklasik Desain Miliknya
Layaknya sebuah aplikasi profesional kelas atas, penulis juga mewajibkan setiap form yang dibuat harus selalu diawali dengan Form Pembukaan. Form ini menjadi tidak terlalu penting jika dibuat tanpa mencantumkan sesuatu informasi di dalamnya. Sebagai contoh gambar di atas, informasi yang termuat di form ini adalah nama atau judul aplikasi dan copyright atau hak cipta.

2. Form Login dengan desain background ala instagram.

Desain Program Delphiku Tidak Seklasik Desain Miliknya
Desain Program Delphiku Tidak Seklasik Desain Miliknya
Menjadi fokus utama adalah warna background yang bergradasi. Gradasi warna ini dapat berubah-ubah dengan interval waktu yang sudah ditentukan. Dengan metode infinity looping membuat perubahan gradasi tidak akan berhenti terkecuali form ini di close. Tentunya warna yang ditampilkan dapat disetting sesuai keinginan.

3. Form Menu dengan desain Metro UI ala Windows 10

Desain Program Delphiku Tidak Seklasik Desain Miliknya
Desain Program Delphiku Tidak Seklasik Desain Miliknya
Bukan hanya kotak sembarang kotak, namun lebih kepada tampilan yang interaktif sehingga memanjakan pengguna. Dilain sisi, penggunaan tampilan yang dinamis (bergerak-gerak dan hilang-datang) dapat membentuk ruang baru sehingga menjadikan bagian-bagian yang tampil belakangan dengan space lumayan luas dapat dimanfaatkan untuk memberikan keterangan atau informasi lain. Misalnya pada bagian kotak "Tentang Pengguna", pada slide pertama dapat dimanfaatkan untuk menampilkan gambar user yang login, sedangkan untuk slide ke dua digunakan untuk informasi user tersebut.

4. Form Beranda dengan desain Modern UI ala Android

Desain Program Delphiku Tidak Seklasik Desain Miliknya
Desain Program Delphiku Tidak Seklasik Desain Miliknya
Pernah dapat masukan dari salah satu YouTuber konten kreatif Indonesia, desainer pemula yang ingin membuat sebuah karya sebaiknya memanfaatkan karya-karya milik orang lain untuk dijadikan referensi dalam menciptakan desain milik sendiri. Namun harus diingat, bahwasanya plagiasi yang berlebihan akan membuat image dari desain Antar Muka menjadi buruk atau di anggap membosankan. Misalnya pada desain form beranda ini, dengan mengadopsi desain dari Google Keep dan Slider Navigation Menu layaknya di Telegram Apps, menjadikan aplikasi ini seperti aplikai yang dibuat oleh brand-brand ternama (Percaya Diri). Padahal dengan sedikit kreatifitas, pembaca dapat membuat desain ini bahkan mungkin lebih bagus dari aslinya.
Itulah tiga buah contoh desain Antar Muka yang diharapkan dapat memanjakan pengguna saat menggunakan aplikasi yang dibuat. Tidak hanya memanjakan namun juga mendapatkan nilai plus dari sisi User Experience.
Artikel ini bukan bertujuan untuk menghakimi, menjudge atau mungkin memotong dan menurunkan semangat pembaca dalam berkreasi, karena balik lagi kepada hukum estetika, bahwasanya tampilan yang bagus itu bersifat relatif. Artinya ada orang yang bilang ini bagus namun ada juga yang beranggapan ini buruk. Namun yakinlah bahwasanya perkembangan teknologi selalu berbanding lurus dengan perkembangan zaman, dengan kata lain jika yang klasik telah memiliki tempat di masanya, maka kita selaku pengguna yang masih memainkan benda klasik tersebut di generasi saat ini, dapat menyulap itu menjadi hal yang luar biasa atau mungkin lebih bagus dari yang muncul di generasi sekarang.

Blog Teknoborneo.com tidak menyediakan pembaca untuk mendapatkan project seperti gambar di atas, namun penulis akan memandu pembaca yang budiman untuk membuat hal yang (relatif) sama seperti di atas dengan memposting hal-hal terkait pada artikel berikutnya.

Lanjut Membaca :
1. Desain Tampilan Form Delphi 7 Modern, Cantik, Keren dan Menarik >> (Artikel Selengkapnya di blog West Borneo Blogger)
2. Membuat Efek Gradasi di Delphi 7 Seperti Instagram >> Artikel Selanjutnya

Follow blog ini jika ingin mendapatkan informasi seputar dunia teknologi. Tetap Ikhtiar, Tawakal dan Berdoa agar #KamekJadiHero.

My Contact :
Facebook : Rangga Saputra
Fanspage : Teknoborneocom
Instagram : @teknoborneo
HP/WA/Telegram : +628 988282 108

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Desain_antarmuka_pengguna
https://id.wikibooks.org/wiki/Delphi_7

Related Posts

Desain Program Delphiku Tidak Seklasik Desain Miliknya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

12 komentar

Tulis komentar
avatar
Anonymous
August 3, 2017 at 11:15 AM

Subhanallah gan, masya Allah, seneng kak Haja#, parn#, tia#, n yg paling amazing kak Nuru# nih. Sama antum. Ckckck gile antapss bena antum Syekh

Reply
avatar
August 4, 2017 at 6:16 AM

Pke komponen dasar gan. Seperti label, panel, dan font webdings, wingdings dll

Reply
avatar
August 5, 2017 at 6:44 AM

Hehe oke Gan, lagi survey ane mah... kalo banyak respon positif, ane buatkan :D

Reply
avatar
August 6, 2017 at 10:54 AM

Nunggu toturial juga gan :v

Reply
avatar
August 7, 2017 at 3:57 PM

Siapppp gan.... lagi progressing :D

Reply
avatar
August 8, 2017 at 5:36 PM

tutorialnya ditunggu gan

Reply
avatar
August 10, 2017 at 9:02 AM

Siapppp gan.... lagi progressing :)

Reply
avatar
March 15, 2018 at 9:03 AM

mantab gan, saya juga Delphi Programmer dan selalu bermasalah dengan desain. kaget juga ternyata Delphi 7 dengan komponen dasar bisa menghasilkan desain seperti itu. pertanyaan saya apakah saat running tidak memberatkan PC user? dan bisa kah didemokan hasil aplikasinya via YouTube? saya penasaran dengan splash screen, Metro UI, dan Background dinamisnya.

thanks

Reply
avatar
March 17, 2018 at 10:46 AM

Sebelumnya terima kasih atas respon positif anda :D

Sejauh ini sih tdk berat gan karena formnya tdk terlalu banyak dan komponen yang digunakan sama seperti biasa. yang berbeda hanya di bagian koding tampilan aja.

wah boleh juga masukannya. sya hanya terkendala waktu aja gan. krna sibuk kuliah juga. makanya agak kurang update

Reply

Silahkan Tinggalkan Kritik dan Saran yang membangun dari Anda
1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
3. Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
4. Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>