Gerakan Earth Hour 2019 Pontianak Kalimantan Barat

Tekno Borneo - Sebelum lebih jauh membahas Gerakan Earth Hour ada baiknya penulis menjelaskan terlebih dahulu mengenai apa itu Earth Hour.

Apa itu Earth Hour?

Gerakan Earth Hour merupakan selebrasi dalam rangka kampanye global mengenai aksi hemat energi yang diinisiasi oleh WWF (World Wildlife Fund for Nature) mengusung tema #Connect2Earth.
Koordinator Earth Hour Pontianak I Wayan Bayu Anggara menjelaskan bahwa tema #Connect2Earth ini memiliki pesan yang sangat dalam. “ Apa pun yang kita lakukan akan selalu terhubung ke bumi. Dari hal baik atau buruk semuanya akan tetap selalu berdampak ke bumi,” jelas Wayan.

Lokasi Earth Hour Pontianak 2019

Jika pada tahun 2018 lalu aksi ini diadakan di Alun-alun Kapuas, maka berbeda pada tahun 2019 ini, Earth Hour Pontianak memusatkan kegiatannya di Jl. Ayani, bertepatan di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat. Hal ini diharapkan agar peserta/ penonton mendapatkan pengalaman yang berbeda di tiap-tiap tahunnya.

Rangkaian Acara Earth Hour Pontianak 2019

Kurang rasanya acara tanpa hiburan sembari melepas penat menunggu 60 menit listrik dihidupkan kembali, maka panitia maupun penonton mulai menyalakan 2019 batang lilin yang diletakkan di dalam gelas plastik dengan membuat pola khas tersendiri yaitu pola angka 60+.
Gerakan Earth Hour 2019 Pontianak Kalimantan Barat
Gerakan Earth Hour 2019 Pontianak Kalimantan Barat

Begitu counter down menunjukkan detik ke 00:00, maka puncak acara pada aksi ini pun dimulai. Pemandangan yang biasa bagi kaula muda milenial sontak menambah hiasan malam pada acara itu, mereka mengambil ponsel pintar dari sakunya kemudian mulai memusatkan kamera di angle-angle terbaik versi mereka agar moment-moment indah itu dapat diabadikan. Tak lupa pula bagi para pecinta snapgram maupun video streaming, mereka melakukan live video agar yang tidak berkesempatan hadir juga dapat menikmati acara ini.

Adapaun acara lain sebagai penyempurna kegiatan ini adalah seperti :
  • Musik Akustik
  • Musik Sape’k
  • Tarian tradisional multi etnis
  • Musikalisasi puisi
  • Dan perkusi

Ini sebagai bentuk dan cara kreatif anak muda Kalimantan Barat khususnya dalam mengkampanyekan gaya hidup hijau dan bijak dalam penggunaan energi.

Apa kata mereka?

Menurut wayan, melalui aksi ini, hal-hal buruk sudah banyak terasa dampaknya terhadap kehidupan kita seperti cuaca yang semakin panas akibat naiknya suhu bumi. Suhu bumi naik berawal dari perilaku manusia yang boros dalam menggunakan energi. Earth Hour Pontianak berupaya mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan satu langkah sederhana dan mudah, yakni dengan mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak terpakai selama satu jam di minggu terakhir bulan Maret pada Pukul 20.30 - 21.30 WIB setiap tahunnya.
Wayan juga menjelaskan bahwa ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperlambat perubahan iklim. Di antaranya dengan bijak menggunakan energi listrik, membawa botol air minum sendiri, menggunakan transportasi umum atau membudayakan berboncengan saat bepergian dengan kendaraan bermotor. 
"Saya aprsiasi setinggi-tingginya terhadap acara ini. Merupakan sesuatu luar biasa dimana perwakilan dari WWF ini sudah banyak melakukan kampanye terkait lingkungan hidup ini," tutur Wakil Walikota Pontianak, Bahasan.
Bahasan menuturkan, bahwa ia sebagai Wakil Walikota Pontianak mendukung penuh kegiatan yang digelar oleh komunitas Earth Hour Pontianak. Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id 

Sokongan Multipihak

Adapaun pihak-pihak yang ikut serta dalam mengkampanyekan aksi ini adalah :
  • Pemerintah Kalimantan Barat baik Gubernur dan Walikota
  • WWF-Indonesia program Kalimantan Barat, 
  • DLH Kota Pontianak, 
  • PLN, 
  • Pelaku bisnis seperti Hotel Mercure, 
  • Hotel Grand Mahkota, 
  • Hotel Harris, 
  • Hotel Santika, 
  • Hotel Aston, 
  • Hotel Transera, 
  • Hotel Golden Tulip dan 
  • puluhan komunitas di Kota Pontianak turut serta mendukung malam selebrasi Earth Hour Pontianak.

Related Posts

Gerakan Earth Hour 2019 Pontianak Kalimantan Barat
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

2 komentar

Tulis komentar
avatar
April 7, 2019 at 2:19 PM

seru kayaknye acaranye, sayangi bumi biar bumi tetap adem, ndak panas bedangkang. Kurangi pakai AC, kalau pun pakai AC pakailah yang NON CFC same kayak beli Kulkas beli yang NON CFC, tapi hampir semue Kulkas NON CFC. Semangat!!! saye dukung dan harus dipraktekkan jangan cuman ikut kegiatannye jak...

Reply
avatar
April 7, 2019 at 9:31 PM

Menjaga keberlangsungan bumi adalah tugas dan tanggung jawab kita terutama menjaga sumber energi agar tak banyak disia siakan, semoga ini tak sekedar hanya selebrasi saja

Reply

Silahkan Tinggalkan Kritik dan Saran yang membangun dari Anda
1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
3. Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
4. Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>